Kamis, 05 Juli 2012

Diet ???


Mendengar kata diet sepertinya sering kita dengar terutama di kalangan wanita. Tetapi di jaman sekarang ini, banyak juga lho para lelaki yag melakukan diet. Para wanita dan lelaki memang sangat memperhatikan penampilan mereka terutama yang memang pekerjaannya di bidang entertainment dan juga perkantoran. Karena mereka sehari – harinya akan bertemu dengan client . Sebenarnya agar mendapatkan tubuh yang diinginkan hanya diperlukan jam waktu makan yang teratur sekaligus memperhatikan makanan apa saja yang baik bagi tubuh yaitu makanan yang tinggi proteinnya dan juga gizinya.
Selain itu untuk mendapatkan tubuh yang ideal juga tidak hanya memperhatikan pola makan dan makanan apa ssaja yang baik bagi tubuh tetapi kita juga harus rajin untuk berolahraga. Walaupun bagi orang yang sehari-harinya sangat sibuk dengan pekerjaan masing-masing sangat susah untuk melakukannya, tetapi olahraga itu sangat baik bagi tubuh walaupun hanya weekend saja kita bisa melakukannya. Olahraga yang paling baik apabila kita menginginkan tubuh yang ideal yaitu dengan lari pagi, karena lari pagi menyebabkan semua anggota tubuh kita dapat bergerak semua. Jadi tidak hanya kaki,tangan ,perut saja yang difokuskan tapi seluruh anggota badan kita. Oiya selain lari pagi juga ada skiping atau biasa disebut lompat tali karena lompat tali itu bisa dengan cepat lho menurunkan berat badan.
Sekarang ini banyak metode diet yang menjadi pembicaraan atau yang sedang berkembang di masyarakat yaitu tentang menu diet dengan menggunkan golongan darah. Menurut artikel yang saya baca disitu dijelaskan apabila Menu diet golongan darah O yaitu Profile diet: rendah karbohidrat dan tinggi protein. Makanan yang cocok itu seperti : jahe, kailan, kunyit, Daging (sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi), Brokoli, ubi, waluh, selada,  rumput laut, ganggang laut, ceri, jambu biji,  kacang polong, semua jenis bawang. Hindari : Daging babi, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt(semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras,cumi-cumi, sotong, bunga brokoli.

Dan untuk menu diet golongan darah A yaitu profile Diet: rendah lemak dan tinggi kerbohidrat. Makanan yg cocok seperti : Bayam, kacang tanah, kacang buncis, kacang/ susu kedelai, tahu, ikan mas, ikan sardine, (Siput, jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau & sitrun),tempe, tepung beras, bluberi,brokoli, wortel, minyak zaitun. Hindari : Daging (sapi,angsa, kelinci, ayam hutan, kerbau, domba, bebek), lobster, belut, kodok, keju, es krim, susu, murni, kelapa/ santan, melon madu, pisang (raja), pepaya,acar, terung, tomat, ubi, gurita, kepiting, kentang, jeruk, udang, cumi- cumi, mentega, susu sapi, pare, air soda.

Menu diet golongan darah B yaitu : Profile diet: Susu & produk olahan susu. Makanan yg cocok : kol, terung, teh hijau, kue beras, brokoli, ubi, wortel, Daging (kambing, domba, kelinci, rusa),buburgandum, Ikan laut, susu sapi, keju, roti essene. Hindari : Daging (bebek, ayam, angsa, belibis, babi, kuda, keong, kepiting, siput, kacang tanah,roti gandum,tomat, waluh, jagung, air soda, minuman beralkohol avokad, pare, delima, kelapa/ santan, kesemek, belimbing, belut, kodok, gurita, lobster, es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), pir. Menu diet golongan darah AB yaitu : Profile diet: Menyesuaikan dengan berbagai jenis makanan. Makanan yg cocok : Ikan sardin, the hijau, ikan tuna, susu kambing, putih telur (ayam), keju ricotta, krim asam (rendah kalori), anggur merah, Daging (kalkun,domba, kelinci). Hindari : Kesemek, Daging (sapi, kerbau, ayam, bebek, angsa, babi, rusa kuda), lobster, kepiting, kodok, mentega, acar, jagung, belimbing, delima, minuman beralkohol, saus tomat, kopi, soda, jambu biji, mangga, kacang hitam, Es krim, telor bebek, pare, pisang, kelapa.

            Selain menu diet menurut golongan darah juga ada lagi yaitu seperti food combining atau yang artinya itu kita bisa menyesuaikan makanan – makanan apa saja yang sangat sesuai atau yang serasi yang kita butuhkan untuk tubuh kita.

            Sebenarnya apapun itu metode diet yang kita pakai atau gunakan, sebaiknya kita lebih memperhatikan kesehatan tubuh kita karna itu yang paling penting. Jadi jangan sampai kita diet yang berlebihan yang bisa membahayakan tubuh seperti membuat tubuh jadi lemas tidak bertenaga dan menjadi atau menimbulkan sebuah penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar