Selasa, 03 Januari 2012

Sukses menabung makin untung

-          Buat pos tabungan..
Tiap bulannya, sisihkan sebagian uang jajan kita untuk dimasukkan ke dalam pos tersebut. Jumlahnya sekitar 10% dari uag bulanan/migguan. Yang penting harus ada komitmen untuk terus menabung secara disiplin. Dilarang meutak-atik pos tabungan.

-          Biasakan untuk membeli barang yang kita inginkan pakai uang sendiri, jadi nggak perlu kita minta ke orang tua melulu. Hal ini bisa memperkuat niat kita untuk mengumpulkan tabungan yang kita inginkan.

-          Catat pengeluaran setiap harinya. Jadi semakin detail semakin bagus ,,artinya kita jadi tahu kemana saja perginya uang kita itu dan juga secara nggak langsung membantu kita untuk mengerem pengeluaran yang tidak perlu.
Berdasarkan catatan tadi, mulailah dengan mengatur keuangan kita.misalnya, dengan membuat rencana pengeluaran. Manajemen keuangan pribadi ini positif dan manfaatnya untuk keuangan dan tabungan kita.

-          Beritahu orang tua kita untuk menabung. Jadi mereka bisa banyak membantu kita dalam menabung ini,,seperti mengingatkan, membukakan tabungan dll..syukur-syukur kalau mereka dengan sukarela mensubsidi tabungan kita..

-          Menghemat uang  jajan yaitu bayak berbagai cara. Salah satunya seperti membawa botol minuman sendiri.cara seperti itu sangat lumayan untuk menambah uang tabugan kita..membawa botol minuman sendiri selain menghemat tapi juga cinta bumi kita kan..kalau untuk makanan kita bisa membawa bekal dari rumah.

-          Menabung di bank..ini penting juga..capek-capek mengumpulkan uang bisa jadi percuma kalau nggak menyimpannya dengan baik. Selain lebih aman, menabung di bank juga jauh lebih praktis dan efektif..catatannya lengkap dan gak akan kepenuhan juga. Kita pun bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang pas untuk kita, seperti halnya tabungan pendidikan atau asuransi.  

sumber : gadis magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar