Rabu, 25 April 2012

Kerja paruh waktu


Kerja part time dapat diartikan sebagai  kerja paruh waktu atau lebih sederhananya kerja sampingan alias kerja sambilan.  Disebut seperti itu karena pekerjaan ini dilakukan diwaktu luang diluar pekerjaan pokok atau pekerjaan utama.
Biasanya untuk menambah uang saku, sebagian siswa SMA dan Mahasiswa melakukan kerja paruh waktu . kebanyakan dari siswa SMA dan Mahasiswa tersebut bekerja paruh waktu di convenience store, supermarket, dan restaurant. Tetapi ada juga yang menginginkan bekerja di toko buku, toko CD, dan toko video. Kerja paruh waktu, dilakukan setelah pelajaran telah selesai, kurang lebih selama dua tiga jam dalam sehari.
Di samping sebagai tambahan uang saku, sebagian siswa maupun mahasiswa berpendapat kerja paruh waktu juga mempunyai nilai “belajar terjun ke dalam masyarakat” karena selama bekerja paruh waktu, mereka dapat belajar membina hubungan dan juga bekerja sama dengan orang lain, melayani tamu, menyesuaikan diri dengan cara kerja di tempat tersebut, dapat belajar bertanggung jawab dan lain sebagainya.
Informasi tentang lowongan pekerjaan paruh waktu umumnya tersedia di surat kabar, majalah bahkan di internet homepage khusus tentang kerja paruh waktu lengkap dengan informasi berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia serta informasi berapa honor yang dapat diperoleh sesuai dengn jenis pekerjaan yang mereka ambil.
Kerja sampingan bisa berupa offline atau pun online, namun dengan kemajuan teknologi internet yang berkembang begitu pesat di Indonesia, kebanyakan masyarakat modern mulai beralih mencari peluang kerja part time didunia internet, yakni secara online. Karena dengan secara online ini lebih mudah dijalankan dan waktunya pun dapat disesuaikan dengan kapan adanya waktu luang, dengan satu catatan tentunya harus memiliki PC atau laptop dan jaringan internet pastinya.

Dan  kerja part time online dapat dilakukan oleh siapa pun selama ia mengerti internet, baik itu oleh ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, karyawan kantoran, karyawan pabrik, pegawai negeri, supir angkot, tukang parkir atau oleh seorang pengangguran sekali pun. Dan tidak mengharuskan Anda memiliki latar pendidikan yang khusus, jadi apa pun akhir pendidikan formal Anda gak masalah. Kerja part time online ini dapat dikerjakan dimana pun .
Bagi siswa SMA dan mahasiswa umumnya uang yang mereka peroleh dari hasil kerja paruh waktu, selain untuk menambah uang saku, banyak pula mereka gunakan untuk membeli barang yang sangat diinginkan namun harganya tidak terjangkau oleh mereka. Bekerja paruh waktu angat bermanfaat sekali apalagi dengan hasil yang lumayan.

Kerja paruh waktu ini sebenarnya sulit untuk dilakukan karena kita harus pandai – pandai untuk mengatur waktu atau mengatur jadwal sehari-hari kita agar tidak jadwal yang satu dengan yang lainnya tidak saling bentrok. Tetapi asalkan kita mempunyai niat untuk melakukannya, maka pekerjaan paruh waktu ini dapat kita lakukan, walaupun agak terasa berat tetapi membuahkan hasil yang lumayan dan tidak mengecewakan. Dari bekerja paruh waktu ini juga kita dapat belajar mandiri dan tidak bergantung terus – menerus terhadap orang tua. Dan pastinya sebagai orang tua, mereka akan senang melihat anaknya dapat mandiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar