Senin, 21 November 2011

Memanajemen waktu

-          Jangan menunda – nunda pekerjaan, sering banget kita menunda-nunda pekerjaan sampai nggak terasa kalau tugas itu sudah menumpuk, jadinya kita keteteran untuk mengerjakannya. Kalau sudah dekat deadline-nya baru kita buru-buru mengerjakannya sampai semuanya selesai. Jadinya kita mengerjakan tugas tersebut dengan hasil yang gak maksimal karena dikerjakannya buru-buru. Jadi manfaatkan waktu sebaik mungkin, dan kerjakan tugas apa yg sudah di depan mata, dengan begitu kita dapat menghemat waktu dan gak perlu lagi terburu-buru jadi apabila kita mengerjakan tugas dengan maksimal pasti hasilnya yang kita peroleh juga maksimal.
-          Ciptakan system yang ampuh buat ngebantu kita lebih teratur. Kita juga bisa buat note di meja belajar atau dimana saja yang dapat kamu lihat setiap hari. Note itu bisa berisikan jadwal, pelatihan, lalu activitas yang penting atau bisa juga buat events yang dirasa buat didatangi. Tapi taati juga system tersebut dengan benar.
-          Untuk lebih menghemat waktu dan mengurangi stress, keteraturan sangat diperlukan biar semuanya bisa diselesaikan tepat waktu. Melakukannya dari hal yang simple dan mudah dilakukannya. Mengorganisasi seperti ini membantu kita jadi lebih mandiri dan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri sendiri.
-          Tahu apa yang akan dilakukan paling penting buat kita. Dengan ini kita dapat memutuskan apa saja yang diprioritaskan lebih dulu. Caranya bisa kita buat to do list activity, jadi tulis semua aktivitas hari ini yang harus dilakukan. Dan setiap kegiatan kasih tanda atau urutkan yang paling penting. Lalu baru beralih ke aktivitas berikutnya.
-          Sering satu rencana bisa ngalamin kegagalan tanpa adanya persiapan yang matang. Kurangnya persiapan yang matang disebabkan oleh minimnya waktu yang tersedia buat nyapin segalanya. Jadi sangat diperlukan rencana kedepan mengenai apa yang harus dikerjakan dan hal-hal lain yang dibutuhkan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar