Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas 2 pengantar bisnis

1.Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi?
 Jawab :
a.masalah kelangkaan, masalah ini berlaku sebagai akibat dari ketidakseimbangan antara kebutuhan masyarakat dan juga faktor-faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat.
b.Pilihan-pilihan, dalam setiap masyarakat selalu didapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya. Manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang telah mereka peroleh dan mereka capai. Apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi, maka keinginan-keinginan yang lain akan muncul. Terbatas sumber data yang tersedia dibandingkan kebutuhan atau keinginan, menyebabkan manusia harus menetukan pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif.
c.Biaya kesempatan ,Ilmu ekonomi memandang manusia sebagai makhluk rasional. Pilihan yang dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi, dengan membandingkan biaya yang harus dikeluarkan dan hasil yang akan diperoleh. Biaya ayang dimaksudkan dalam konsep ilmu ekonomi (economic cost) berbeda dengan konsep biaya akutansi (accounting cost).

2. Apa yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial?
Jawab :
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.
Fungsi lembaga sosial adalah untuk memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang sikap dalam menghadapi masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok, menjaga keutuhan dari masyarakat, sebagai paduan masyarakat dalam mengawasi tingkah laku anggotanya.

3. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tempat dan letak perusahaan?
Jawab : Secara umum  tujuan strategi lokasi adalah untuk memaksimalkan keuntungan dari lokasi tersebut.
Faktor-Faktor yang dipertimbangkan dalam Pemilihan Lokasi Perusahaan/Pabrik : A. Faktor Utama (Primer) : (1) kedekatan dengan pasar, (2) ketersediaan tenaga kerja, (3) kedekatan dengan sumber bahan mentah / supplier, (4) fasilitas dan biaya transportasi, (5) ketersediaan tenaga listrik dan air ; B. Faktor Sekunder : (1) fasilitas perumahan, pendidikan, perbelanjaan, dan telekomunikasi, (2) pelayanan kesehatan, keamanan, dan pencegahan kebakaran, (3) peraturan pemerintah setempat (perizinan, pajak), (4)sikap masyarakat, (5) peraturan lingkungan hidup, (6) harga dan karateristik tanah, (7) kemungkinan perluasan, (8) saluran pembuangan, (9) lebar jalan, (10) tempat parkir. 
4.Tunjukkan Perbedaan antara lingkungan Eksternal Mikro & Makro dalam dunia usaha (jelaskan dengan contoh)?
Jawab :
ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.
Lingkungan eksternal adalah suatu lingkungan yang berada di luar perusahaan. Perubahaan yang terjadi dalam lingkungan eksternal akan mempengaruhi kinerja di dalam perusahaan secara keseluruhan. Lingkungan eksternal dapat dibagi dua yaitu: a) Lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan di luar yang berkaitan dan berpengaruh erat dengan kegiatan perusahaan. Faktor-faktor lingkungan makro perusahaan terdiri dari faktor kependudukan, ekonomi, teknologi, politik dan hukum, sosial budaya, dan fisik alamiah;
Jenis dan dimensi faktor-faktor lingkungan eksternal banyak dijumpai dalam literatur manajemen stratejik. Misalnya, beberapa komponen analisis yang meliputi analisis komponen ekonomi, kondisi pasar, teknologi, sumber daya manusia, politik, aspek sosial dan analisis faktor lingkungan hukum.
Lingkungan eksternal mikro, yaitu lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar. Lingkungan ini terdiri dari pemasok, perantara, pesaing, dan masyarakat atau pembeli. Secara umum, faktor-faktor tersebut dipandang sebagai faktor yang tidak dapat dikontrol seperti halnya lingkungan makro eksternal. Faktor lingkungan eksternal  mikro memberi pengaruh yang lebih besar daripada makro eksternal.Misalnya pemasok,perantara,pasaing pasar.
sumber :
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:-YcdIzWGKfMJ:repository.binus.ac.id/content/F0532/F053257242.ppt+faktor+yang+mempengaruhi+tempat+dan+letak+perusahaan&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id
       http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_makro
       http://ejournal.unud.ac.id/?module=editor&idf=7&idj=48&idv=181&idi=47


Tidak ada komentar:

Posting Komentar