Senin, 25 Juni 2012

Perkembangan Teknologi Informasi Indonesia


Di era globalisasi ini, teknologi informasi merupakan kebutuhan bagi manusia di dunia Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan dasar utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa keutamaan teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Hasil daripada keluaran dari teknologi komputer yang merupakan bahan-bahan  yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data, membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.

Penyusun dari teknologi informasi tersebut yaitu :
1.Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembangan teknologi informasi.
2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaran informasi.
3. Muatan informasi ataucontent informasi, yang menjadi faktor pendorong utama teknologi informasi

Kenyataan sejarah dunia mencatat masing – masing dari   penyusun teknologi informasi di atas, pada awalnya berkembang saling terpisah. Teknologi komputer berkembang dalam lingkup matematika dan cenderung lebih teoritis. Teknologi telekomunikasi berkembang luas dalam dunia bisnis dan ekonomi menjadi pilar pendukung teknologi transportasi dalam revolusi industri. Setelah itu, konsep ilmu informasi berkembang pesat. Sehingga 3 (tiga)   penyusun teknologi informasi tersebut mulai berkembang secara terus-menerus mengikuti konsep ilmu informasi yang semakin matang.

Penemuan teknologi komputer sejak awal dimakudkan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Perkembangan komputer ini diikuti dengan lahirnya Internet yang dapat memberikan dan juga menyebarkan informasi dengan cepat tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Diera globalisasi ini juga internet seakan-akan sudah menjadi suatu kebutuhan. Karena dengan adanya internet dan juga melalui internet, kita bisa melakukan apa saja . untuk suatu pendidikan, internet sangat diperlukan untuk mengambil informasi sebanyak-banyaknya dan tanpa batas.

            Selain itu juga untuk dunia perdagangan, sangat memudahkan para pedagang untuk menawarkan produk barang atau pun jasanya lewat internet. Karena menurut pedagang melalui internet akan memakan ongkos yang lebih murah, dibandingkan menawarkan di jalan-jalan.

            Lalu juga melalui internet kita bisa mendapat banyak kenalan atau teman baru. Yaitu melaui social network yang sedang ramai dibicarakan seperti facebook ataupun twitter. Oiya kita juga dapat berbelanja melalui internet atau yang biasa disebut online shop. Tetapi sebelum kita membeli barang tersebut melaui online shop itu, kita harus lebih hati-hati memilih online shop yang terpercaya, karena banyak sekali customer yang tertipu dengan adanya online shop ini. Tetapi asal kita bisa berhati-hati memilih , maka belanja melalui internet juga dapat menyenangkan kok.

            Jadi di indonesia ini perkembangan teknologi informasi sudah sangat maju dari tahun-tahun sebelumnya. Dan sudah menjadi kebutuhan yang pokok bagi masyarakat Indonesia sendiri.karena kita harus mendapatkan banyak sekali informasi untuk memenuhi kehidupan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar