Kamis, 29 November 2012

Wirausaha Makanan Ringan


A.    Latar Belakang Masalah

Kebutuhan Primer manusia yaitu terdapat  Sandang, Pangan dan Papan. Salah satunya yaitu terdapat pangan yang pada hakekatnya kebutuhan paling utama. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap hubungan pola makan dengan kesehatan, maka menyebabkan permintaan akan bahan pangan menjadi semakin meningkat.
Salah satu usaha industri yang berkembang di Indonesia adalah di bidang pangan. Industri pangan merupakan salah satu sektor industri yang sangat penting peranannya dalam perekonomian Indonesia. Disamping mampu memenuhi kebutuhan pangan Indonesia, industri pangan juga dapat menghasilkan devisa untuk negara. Keberadaan industri pangan di Indonesia dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup banyak serta mampu mendorong berdirinya industri penunjang seperti industri tambahan makanan, industri kemasan, industri mesin dan peralatan pengolahan pangan maupun industri agribisnis.
Karena Indonesia mempunyai tanah yang subur, dengan ibarat apapun yang ditanam di tanah Indonesia pastilah akan tumbuh. Jadi masyarakat Indonesia harus memanfaatkan keuntungan ini dengan sebaik-baiknya. Untuk itu sektor pertanian merupakan sektor penyedia bagi kebutuhan bahan pangan penduduk Indonesia. Pemenuhan kebutuhan akan makanan dan gizi dapat diperoleh dari hasil-hasil pertanian, yang berasal dari sub sektor tanaman bahan pangan, peternakan, dan perikanan .

B.     Tujuan Penulisan

1 Mengetahui  peluang akan wirausaha makanan ringan
2. Mengetahui strategi pemasaran wirausaha makanan ringan   
3. Untuk memenuhi tugas softskill Bahasa Indonesia


C.     Hipotesa

1.      Peluang akan wirausaha makanan ringan

Peluang akan wirausaha makanan ringan ini cukup besar mengingat sebuah makanan ini merupakan sebuah kebutuhan tetapi juga target pembeli yang kita hadapi juga mencakup semua kalangan karena hampir setiap orang menyukai makanan ringan. Makanan ringan juga sebuah usaha yang sering disepelekan oleh orang yang baru mau memulai bisnis.karena mereka hanya melihat harga akan setiap bungkus dan juga keuntungan yang didapat. Tetapi jika dilihat dari target pasar, maka peluangnya besar. Karena makanan ringan ini juga biasanya untuk cemilan mengisi waktu santai atau memang menjadi makanan kesukaannya. Jadi kita harus serius menggarap target pasar yang luas itu untuk menjadikannya keuntungan yang melimpah. Jadi makanan ringan ini merupakan penjualan sampingan dan produk yang istilahnya sepele tetapi sangat dicari – cari oleh pembeli untuk cemilan mereka.

2.      Strategi pemasaran wirausaha makanan ringan

Tentunya untuk menjalankan sebuah bisnis usaha, bukan hanya modal dan produk berkualitas saja yang diperlukan, tetapi juga strategi pemasaran juga sangat dibutuhkan agar bisnis yang dijalankan dapat menghasilkan omset sesuai target. Begitu juga dalam menjalankan bisnis makanan, adanya strategi pemasaran juga sangat berpengaruh terhadap omset yang diperoleh pelaku bisnis tersebut.

Bisnis usaha makanan adalah salah satu bisnis yang memiliki prospek yang cukup besar, sudah banyak wirausahawan yang meraup keuntungan dari bisnis usaha ini. Tapi juga tidak sedikit pula wirausahawan usaha makanan yang bangkrut, karena strategi pemasaran yang digunakan kurang tepat. Untuk menghindari resiko bangkrut, karena adanya permasalah pemasaran bisnis usaha yang kurang tepat.

Di bawah ini strategi pemasaran makanan ringan :

Kemasan Yang Menarik.

Disini dibutuhkan sebuah kreatifitas para wirausahawan untuk dapat menarik minat para pembeli untuk dapat tergiur akan makanan ringan yang kita jual. Jadi untuk para wirausahawan, membuat kemasan yang menarik adalah ide yang cemerlang agar para pelanggan atau pembeli tertarik akan produk makanan ringan kita. Ide yang cemerlang tersebut dapat kita ciptakan dengan mencari inspirasi yang menarik lewat majalah ataupun internet. Dengan begitu produk makanan ringan yang kita akan jual mempunyai ciri khas tersendiri daripada produk makanan ringan yang lain.

Rasa Enak dan Khas. 

Setelah kita mempunyai ide untuk sebuah kemasan dari produk yang kita jual, maka selanjutnya kita memerlukan ide untuk membuat rasa dari produk kita menjadi rasa yang enak dan juga khas . Jadi mempunyai rasa yang enak aja sepertinya tidak cukup, mengingat pesaing kita di luar sana sangat banyak, jadi kita perlu sebuah rasa yang memiliki kekhasan tersendiri. Tetapi untuk mendapatkan rasa yang enak dan khas memang tidaklah mudah jadi kita harus pintar – pintar menemukan resep yang pas untuk mendapatkan produk khas dan enak yang siap dijual. Selain itu kita juga sering – sering untuk menemukan inovasi baru di dalam produk sehingga para pelanggan tidak akan bosan dengan produk kita yang itu – itu saja,seperti membuat sebuah menu baru. Lalu dengan kita memliki rasa produk yang khas sendiri, maka kita menjadi mempunyai kelebihan dari produk – produk makanan ringan dari lainnya. Dengan begitu kita sudah memiliki aset yang nantinya akan membawa kesuksesan.

Sediakan Sample.

Menyediakan sebuah sample juga sangat penting dalam memasarkan sebuah produk makanan ringan yang akan kita jual. Biasanya jika kita memasarkan sebuah produk yang belum di kenal oleh para pembeli, maka para pembeli tersebut menanyakan “boleh nyobain dulu ga?” pasti kita sering mendengarnya untuk para penjual. Jadi untuk lebih dikenal oleh para pembeli, kita harus memperkenalkannya terlebih dahulu dengan memberikan sebuah sample untuk para pembeli.  Sample yang kita berikan harus memiliki rasa yang enak dan khas, dan hal itu tujuannya untuk bisa menarik pelanggan agar berpaling ke produk makanan ringan yang kita jual.

Komunikasi dan Promosi.

Apapun jenis usahanya pastilah harus mempunyai sebuah komunikasi antara penjual dan juga pembeli, jadi usha tersebut dikomnikasikan ke target pasar. Komunikasi tersebut bisa dibilang yaitu sebuah promosi produk ke para pembeli. Biasanya sebuah produk makanan ringan cara mempromosikannya yaitu dengan membuat sebuah brosur ataupun datang ke tempat – tempat ramai yang biasanya terdapat anak remaja yang merupakan target utama sebuah produk makanan ringan ini. Sebuah brosur tersebut dapat berisikan jenis makanan ringan yang akan dijual lalu harga dari makanan ringan tersebut, selanjutnya tempat dimana para pembeli dapat memesan atau membeli langsung makanan ringan itu.

Dan satu hal lagi yaitu contact person yang dapat dihubungi, jika ada para pembeli menanyakan sebuah keterangan yang dibutuhkan si pembeli. Oiya dan yang penting adalah di dalam brosur perlu dicantumkn kelebihan dari produk makanan ringan yang dijual, karena itu akan membedakan produk makanan ringan yang kita jual dengan produk makanan ringan yang lain. Sebuah promosi juga bisa disampaikan lewat internet yaitu apabila mempunyai sebuah website sendiri dan juga macam-macam social network yang ada seperti lewat facebook, twitter, instagram dan lain – lain. Oiya letakan brosur di outlet tempat menjual makanan ringan tersebut atau bisa juga kita membagikannya lansung ke para pembeli.Jadi banyak tempat yang dapat kita promosikan produk makanan ringan yang kita jual.


Terima Pesanan. 

Menerima sebuah pesanan juga merupakan strategi yang baik untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk makanan ringan yang kita jual. Lalu berikan juga kualitas layanan yang baik kepada para pembeli, jadi kita akan meninggalkan sebuah kesan yang baik terhadap para pembeli. Layanan yang baik  dan berkesan pada pelanggan anda akan mendorong terbentuknya pelanggan yang loyal. Pada akhirnya pelanggan loyal inilah yang akan membantu menyebarkan produk anda secara positif. Dengan demikian strategi promosi  akan berjalan dengan baik



D. Kesimpulan


Jadi Bisnis usaha makanan adalah salah satu bisnis yang memiliki prospek yang cukup besar, sudah banyak wirausahawan yang meraup keuntungan dari bisnis usaha ini. Tapi juga tidak sedikit pula wirausahawan usaha makanan yang bangkrut, karena strategi pemasaran yang digunakan kurang tepat. Untuk menghindari resiko bangkrut, karena adanya permasalah pemasaran bisnis usaha yang kurang tepat.
Menjual produk makanan ringan ini juga sangat menguntungkan disamping modal yang diperlukan tidak terlalu besar dan peluang yang ada juga cukup besar dan juga strategi untuk memasarkannya pun tidak terlalu sulit mengingat target pembeli yang kita hadapi juga hampir disemua kalangan menyukai makanan ringan ini. Maka usaha makanan ringan inilah yang cocok untuk menjadi produk penjualan sampingan.
Makanan kecil yang seolah hanya menjanjikan keuntungan yang kecil ternyata bila dikelola dengan baik bisa memberi keuntungan yang bagus juga. Pada dasarnya memang semua tergantung bagaimana kita mengatur dan bagaimana sikap kita dalam mengembangkan usaha. Promosi yang baik dan jaminan kualitas yang baik menjadi kunci ketertarikan konsumen untuk kembali membeli produk–produk toko tersebut

3 komentar:

  1. kawan, jangan lupa pasang link Universitas Gunadarma http://www.gunadarma.ac.id, studentsite dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill lho!

    Oh ya, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    makasi :)

    BalasHapus
  2. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti

    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id
    - www.baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus