Jumat, 26 November 2010

Tari Saman



 Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.
Sebelum saman dimulai yaitu sebagai mukaddimah atau pembukaan, tampil seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.
Lagu dan syair pengungkapannya secara bersama dan kontinu, pemainnya terdiri dari pria-pria yang masih muda-muda dengan memakai pakaian adat. Penyajian tarian tersebut dapat juga dipentaskan, dipertandingkan antara group tamu dengan grup sepangkalan (dua grup). Penilaian ditititk beratkan pada kemampuan masing-masing grup dalam mengikuti gerak, tari dan lagu (syair) yang disajikan oleh pihak lawan.
Pada umumnya,Tarian saman dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki, tetapi jumlahnya harus ganjil.Pendapat Lain mengatakan Tarian ini ditarikan kurang lebih dari 10 orang,dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi.Namun, dalam perkembangan di era modern yang menghendaki bahwa suatu tarian itu akan semakin semarak apabila ditarikan oleh penari dengan jumlah yang lebih banyak. Untuk mengatur berbagai gerakannya ditunjuklah seorang pemimpin yang disebut syeikh. Selain mengatur gerakan para penari,Syeikh juga bertugas menyanyikan syair-syair lagu saman. yaitu ganit.

Menari saman sangat menyenangkan karena tarian saman ini dilakukan bersama-sama teman dan tarian ini harus membutuhkan kekompakkan antar anggota jadi sesama anggota penari diharapkan mempunyai ketergantungan satu sama lain. Apabila didalam sebuah grup tari saman ada yang tidak kompak atau berelisih maka tarian ini tidak akan terlihat bagus  karena yang sangat dibutuhkan dalam tarian ini adalah sebuah kekompakkan antar anggota.

foto pada saat  mengikuti sebuah Lomba yang diadakan dijakarta...

 


Suka dan duka menari saman banyak sekali yaitu:
Sukanya, saat kita melakukan sebuah tarian ini dengan senang karena semua anggota itu teman kita.lalu kita merasa bangga karena dapat menguasai sebuah tarian bangsa kita sendiri yaitu dari Aceh.Selain itu kita dapat menghibur orang, misalnya dalam pengisian sebuah acara..oiya saya juga pernah mengisi acara seperti di Departemen Keuangan RI, Acara ulang tahun BABEK TNI..dan tidak hanya mengisi acara tapi juga mengikuti lomba-lomba yang diadakan dijakarta.
Dukanya, saat kita para anggota merasa gerakan yang akan kita tampilkan belum  dapat menguasainya , Selain itu juga apabila kita sudah tampil di sebuah acara tetapi kita merasa tidak kompak atau melakukan kesalahan gerakan dipanggung.karena apabila kita salah gerakan maka akan sangat terlihat keidakkompakannya.


Rabu, 17 November 2010

Nggak konsentrasi belajar???knp???

 
Nggak konsentrasi belajar mungkin karena tubuh capek dan pegel, badan gak fit. Selain jadwal tidur yang berantakan, pola makan dan olahraga juga berpengaruh. Di sisi lain , makanan yang kita konsumsi nggak terkontrol.
    Selain itu walaupun berwisata sangat menyenangkan,tapi cukup menguras energy lho. Apalagi kalau setelahnya nggak ada waktu untuk beristirahat.Bayangkan saat baru kembali ke rumah setelah liburan diluar kota,eh besoknya harus aktivitas seperti biasa.Kejadian seperti itu membuat kita menjadi malas dan tidak mempunyai semangat untuk belajar.jadi agar dapat konsentrasi belajar maka dibutuhkan  tempat/situasi yang nyaman / anda sukai, setiap orang punya cara dan situasi tersendiri buat membantu konsentrasi, misalnya aja ada orang yng bisa konsentrasi dengan musik yang keras (rock misalnya). Ada juga orang yg bisa berkonsentrasi dibantu dengan musik yang lembut dan ada juga yg bisa berkonsentrasi dengan suasana sepi.Selain itu Istirahat sejenak untuk merilekskan pikiran,Usahakan Jangan terlalu memaksa otak berpikir terus.

Banyak berolahraga sebenarnya baik atau tidak bagi wanita?

           Banyak wanita yang menginginkan tubuhnya sehat sekaligus ideal. Dan kriteria untuk mempunyai tubuh yang ideal salah satunya yaitu body harus langsing. Agar dapat memiliki body yang langsing, banyak wanita yang rela berkorban untuk berdiet, selain itu juga dibantu dengan olah raga yang terus menerus, tetapi menurut sebuah penelitian , seorang wanita yang terus menerus berolahraga juga akan berdampak yang negative bagi tubuhnya karena menurut penelitian tersebut, olahraga yang terus menerus dilakukan setiap hari akan menyebabkan turunnya tingkat kesuburan dari wanita. Dampak tersebut sangatlah merugikan bagi seorang wanita.
           Jadi seharusnya jika menginginkan body yang langsing, kita tidak harus berolahraga terus menerus dengan mengangkat beban yang berat. Tetapi menurut penelitian, dengan hanya ber-yoga bobot tubuh seorang wanita akan turun. Bagi bobot seorang wanita yang berlebih, dapat melakukan gerakan yoga setiap hari secara teratur. Dan bagi seorang wanita yang memiliki tubuh normal, dapat melakukan gerakan yoga seminggu sekali agar dapat mempertahankan bobot tubuhnya tersebut. Selain itu jika ingin berdiet, maka lakukan diet yang sehat dan jangan menyiksa tubuh diri sendiri. Lalu sebaiknya sebelum melakukan diet maka konsultasilah dulu ke dokter dengan meminta saran bagaimana berdiet dengan baik. Oiya…Sebenarnya berolahraga itu baik dan menyehatkan dilakukan oleh siapa saja tetapi harus teratur melakukannya.
 



Senin, 15 November 2010

Fresh Drink


 
Avatar Crush


Avatar buatan sutradara James Cameron sangat luar biasa. Film ini jadi box office dunia. Secara James Cameron jago banget menghidupkan keadaan di Planet Pandora tempat suku Na’vi tinggal digambarkan sangat indah. Begitu pula dengan sosok suku Na’vi yang mempunyai tinggi rata-rata 10 kaki dan berkuit biru bercahaya.
Nah resep minuman yang mau disajikan kali ini terinspirasi dari warna biru kulit Suku Na’vi. Bahan utama minuman yang disajikan diberi nama Avatar Crush ini adalah minuman ringan bersoda dan jus sirsak. Semoga rasanya juga sesegar suasana hutan Pandora yaa!
v Bahan
·        100 ml jus sirsak siap saji
·        1/3 kaleng minuman soda warna biru
·        Es batu secukupnya
·        Irisan lemon sebagai hiasan
v Cara
1.      Tuangkan minuman soda telebih dahulu ke daam gelas tinggi lalu    tambahkan jus sirsak.
2. Biarkan soda dan jus sirsak menyatu dengan sendirinya lalu tambahkan es batu kedalamnya.
3.  Hias tepi gelas dengan irisan lemon dan avatar crush siap disajikan.


For your info
Sirsak memiliki nama latin Annona Muricata. Buah yang terasa manis,asam,dan segar ini mengandung banyak karbohidrat,fruktosa,vitamin C,vitamin B1,mineral kalsium,fosfor dan zat besi.Serat alami dari daging buah sirsk berfungsi membantu system pencernaan dalam tubu.Selain itu sirsak mempunyai banyak manfaat antara lain sebagai anti bakteri,jamur,efektif menghalau berbagai jenis parasit/cacing,menurunkan tekanan darah tinggi,depresi dan stress. Bahkan kabarnya sirsak adalah obat yang paling mujarab bagi berbagai jenis kanker.
 



sumber :
Teen Magazine jakarta 

Tugas 7


1.      Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran ?
Jawab :
a.  Konsep Produksi adalah salah satu dari konsep tertua dalam bisnis. Konsep produksi menegaskan bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah. Para manejer perusahaan yang berorientasi produksi berkonsentrasi untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi, biaya yang rendah, dan distribusi secara besar-besaran.Mereka mengasumsikan bahwa konsumen terutama tertarik pada ketersediaan produk dan harga yang rendah. Orientasi itu dimaklumi di negara-negara berkembang, dimana konsumen lebih tertarik untuk mendapatkan produk dari pada fiturnya. Orientasi itu juga berguna bila sebuah perusahaan yang ingin memperluas pasar. Konsep ini memiliki kelemahan yaitu produsen menjadi kurang ramah.

b.  Konsep Produk menegaskan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan ciri paling bermutu, berkinerja, atau inovatif.Para manajer di organisasi itu memusatkan perhatian untuk menghasilkan produk yang unggul dan meningkatkan kualitasnya sepanjang waktu. Mereka mengasumsikan bahwa para pembeli mengagumi produk-produk yang dibuat dengan baik serta dapat menghargai mutu dan kinerja. Akan tetapi, para manajer itu kadang-kadang terperangkap dalam kecintaan akan produk mereka dan tidak menyadari apa yang dibutuhkan oleh pasar.

c.   Konsep Penjualan berkeyakinan bahwa para konsumen dan perusahaan bisnis, jika dibiarkan, tidak akan secara teratur membeli cukup banyak produksi-produksi yang ditawarkan oleh organisasi tertentu. Oleh karena itu, organisasi tersebut harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.Konsep itu mengasumsikan bahwa para konsumen umumnya menunjukkan kelembaman atau penolakan pembelian sehingga harus dibujik untuk membeli. Konsep itu juga mengasumsikan bhwa perusahaan memiliki banyak sekali alat penjualan dan promosi yang efektif untuk merangsang lebih banyak pembelian.Kebanyakan perusahaan mempraktekkan konsep penjualan ketika mereka mempunyai kapasitas yang berlebih. Tujuan mereka adalah menjual apa yang dihasilkan mereka dan bukannya menghasilkan apa yang diinginkan pasar.

d.   Konsep Pemasaran adalah sebuah filosofi bisnis yang menantang tiga orientasi bisnis yang baru saja kita bahas. Konsep ini berkembang sejak tahun 1950 an. Konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasional yang ditetapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih.

a.      Konsep Pemasaran Masyarakat
Konsep pemasaran masyarakat menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat dari pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaing dengan tetap memelihara atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen. Konsep ini menegaskan pentinya menghindari konflik yang destruktif di dalam masyarakat.

2.      Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran ?
Jawab :
            
            Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain yang bertujuan mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang tinggal hanyalah bagaiman membuat produknya tersedia. Sedangkan pasar merupakan kelompok atau individu permintaan terhadap barang atau jasa dan juga tempat bertemunya antara produsen dan konsumen. Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukkan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk.

 

3.      Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pasar ?
Jawab :
Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia. sedangkan Keinginan yaitu hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial.keinginan juga timbul akibat nafsu manusia dan keinginan tersebut tidak harus dipenuhi oleh manusia tetapi apabila sesuatu keinginan dalam diri manusi tersebut terpenuhi maka akan timbul rasa kepuasan di daam diri manusia.

4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan marketing mix ?
      Jawab :
      Marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam manager maksimum profit. Marketing mix (bauran pemasarn) terdiri dari kegiatan yang disebut four P's :

      1.      Product (Produk)
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan.
      2.      Price (Harga)
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen.
      3.      Place (distribusi/tempat)
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.
      4.      Promotion (promosi)
Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen sicara lansung terhadap produk yang dihasilkan.
Promosi adalah cara yang efektif dalam merebut konsumen dipasaran, serta memperkenalkan barang-barang baru yang diproduksi.

 sumber :


Rabu, 10 November 2010

Tugas 6

1. Jekaskan dengan singkat, ada berapa sifat produksi yang saudara ketahui ?
   Jawab :
   a. Barang yang bersifat klasikal
       Ialah barang yang digemari dan disukai konsumen sepanjang masa meskipun ada model dan produk  baru,biasanya penggemar model ini merupakan fanatik terhadap merek barang tertentu karena dapat memberikan kebanggaan dan kepuasan tertentu misalnya blue jeans merek Levi’s.
   b. Barang yang bersifat luxirius
       Ialah barang yang sifatnya mewah dan konsumennya dari golongan tertentu dan toko biasanya menyediakan ruang khusus dengan maksud untuk mempertahankan karakteristiknya, klasifikasi yang dilakukan toko biasanya terpisah dan relatif ketat dalam pengawasanya, manfaat yang dirasakan oleh konsumen adalah kemewahan dan kelas tersendiri karena memberikan gengsi tersendiri, contohnya berlian.
c. Barang yang bersifat Adjustable
    Ialah barang yang menyesuaikan dengan mengikuti perubahan iklim, dan barang semacam ini akan dirasakan manfaatnya jika terjadi perubahan musim,seperti musim penghujan dan kemarau. Misalnya payung.
d. Barang yang bersifat kotemporer
    Sifat barang yang kotemporer dipengaruhi trend dan kegemaran konsumen, barang semacam ini akan memberi manfaat ekonomis terhadap penjual jika selalu mengikuti perkembangan trend yang terjadi di masyarakat, dan manfaat yang diberikan barang kepada konsumen rasa percaya diri, karena mengikuti trend lingkungannya.


2. Jelaskan dengan singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi ?
Jawab :
Definisi produksi secara umum adalah suatu proses atau siklus kegiatan-kegiatan ekonomi untuk menghasikan barang atau jasa tertentu dengan memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam waktu tertentu.
Definisi produksi secara ekonomi adalah diartikan sebagai kegiatan yang menciptakan manfaat (utility) baik di masa kini maupun masa yang akan datang untuk menambah nilai guna suatu benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

3. Dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggungjawab keputusan utama, Sebutkan dan jelaskan ?
Jawab :
1. Proses
Keputusan-keputusan dalam kategori ini menentukan proses fisik atau fasilitas yang digunakan untuk untuk memproduksi barang atau jasa. Keputusan mencakup jenis peralatan dan teknologi, arus proses, tata letak (lay out) peralatan dan seluruh aspek fisik pabrik atau fasilitas jasa pelayanan.

2. Kapasitas
Keputusan kapasitas dimaksudkan untuk menentukan besarnya kapasitas yang tepat dan penyediaan waktu yang tepat. Kapasitas jangka panjang ditentukan oleh besarnya fasilitas fisik yang dibangun. Dalam jangka pendek kapasitas kadang-kadang diperbesar dengan mengadakan sub-kontrak kepada pihak luar atau penambahan regu (shift) atau menyewa ruangan / peralatan tambahan.

3. Persediaan
Manajer persediaan membuat keputusan-keputusan dalam bidang produksi, menyangkut apa yang dipesan, berapa banyak pemesanan, serta kapan pemesanan dilakukan.

4. Tenaga kerja
Dalam manajemen produksi, penentuan dan pengelolaan tenaga kerja atau sumber daya manusia menempati posisi sangat penting. Proses produksi tidak mungkin berlangsung tanpa tenaga kerja yang menggarap kegiatan untuk menghasilkan produk, baik berupa barang atau jasa. Keputusan tentang tenaga kerja mencakup seleksi, penggajian, pelatihan, penempatan, penyelian atau supervisi.

5. Mutu / kualitas.
Fungsi produksi ditandai dengan penekanan tanggung jawab yang lebih besar terhadap mutu barang atau jasa yang dihasilkan. Mutu merupakan tanggung jawab produksi yang penting dan harus didukung oleh organisasi secara keseluruhan.

Sumber :

Senin, 08 November 2010

Mitos dan Fakta Seputar Mie instan


              
               Banyak isu berseliweran seputar makanan instan yang membuat hati tak tenang. Misalnya saja soal lilin yang katanya menempel pada mi, atau tentang cara pengolahan yang harus pas agar aman dikonsumsi.Ikuti penjelasan Prof. Dr. F.G. Winarno, Ketua Dewan Pakar PIPIMM (Pusat Informasi Produk Industri Makanan dan Minuman) mengenai mi instan. Apa sajakah mitos dan fakta seputar mie instan itu?


Mitos: Penggunaan styrofoam berbahaya bagi kesehatan, apalagi jika styrofoam terkena air panas, seperti ketika memasak mi instan dalam cup.
Fakta: Styrofoam untuk mi instan cup terbukti aman digunakan, karena telah melewati standar BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).


             Cup yang dipakai mi instan adalah styrofoam (expandable polysteren) khusus untuk makanan (food grade). Ia memang bisa menyerap panas. Ini terbukti setelah diseduh air panas, tidak terasa panas di tangan ketika dipegang. Tetapi, karena proses pressing-nya memenuhi standar, tidak menyebabkan molekul styrofoam larut (rontok) bersama mi instan yang diseduh air panas. Jadi, jika selama ini khawatir dengan mi instan menempel pada cup-nya ketika diseduh air panas, semata-mata disebabkan tingginya kadar minyak dalam mi (sekitar 20%).Desain pun dibuat berbeda. Yaitu dengan menambahkan gerigi di bagian atas cup, sehingga tak langsung panas di tangan.Selain itu, expandable polysteren yang digunakan mi instan cup terlah melewati penelitian BPOM dan Japan Environment Agency sehingga memenuhi syarat untuk mengemas produk pangan.Berdasarkan penelitian tadi, kemasan ini aman digunakan.


Mitos: Mi instan kenyal karena bahan bakunya adalah karet.
Fakta: Sama sekali tidak ada bahan karet dalam bahan baku mi instan.


             Mi instan dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan pilihan terbaik seperti tepung terigu yang sudah difotifikasi dengan zat besi, zinc, vitamin B1, B2, dan asam folat. Begitu pula dengan bumbu, yaitu bawang merah, cabe merah, bawang putih, dan rempah-rempah.Pembuatannya pun digarap serius. Melewati proses pengeringan yang telah dipaparkan sebelumnya, seperti hot air drying atau deep frying. Karena itulah mi instan kenyal dan tidak mudah putus.


Mitos: Metode dua air terpisah adalah cara terbaik memasak mi.
Fakta: Justru, air rebusan mi pertama mengandung kandungan betakaroten yang tinggi.

           Semua vitamin (dari minyak dan bumbu) yang larut dalam air terdapat dalam air rebusan pertama ketika memasak mi. Apabila air rebusan tadi diganti dengan air matang baru, semua vitaminnya hilang.
Selain itu, minyaklah yang membuat mi (atau makanan lain) lebih enak. Jadi, air rebusan pertama tidak perlu dibuang. Dan kandungan betakaroten juga tocoferol dalam minyak, sangat berguna memenuhi kebutuhangizi.


Mitos: Mi instan mengandung lilin. Oleh karena itu, ketika dimasak airnya menguning.
Fakta: Salah. Mi instan tidak menggunakan lilin.


             Lilin adalah senyawa inert untuk melindungi makanan agar tidak basah dan cepat membusuk. Lilin sebenarnya ada pada makanan alami seperti apel atau kubis. Kubis jika dicuci dengan air, tidak langsung basah. Atau apel yang jika digosok akan mengilap. Itulah lilin, yang memang diciptakan alam.
Sementara mi instan, yang merupakan produk mi kering, sama sekali tidak membutuhkan lilin. Air menguning ketika memasak mi instan, sebenarnya didapat dari proses deep frying yang berkadar minyak tinggi.Proses deep frying dilakukan agar kadar air bisa ditekan sampai titik terendah, sehingga mi instan lebih awet. Kadar minyak ini pasti tersisa pada mi dan menyebabkan mi instan mengilap, dan air rebusan jadi menguning dan berminyak.Dengan minyak ini, zat-zat tidak berguna yang terdapat dalam mi dipisahkan, sehingga yang tersisa adalah zat-zat yang memang diperlukan oleh tubuh.

Mitos: Mi instan menggunakan bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.
Fakta: Dalam proses pembuatannya mi instan menggunakan metode khusus agar lebih awet, namun sama sekali tidak berbahaya.


Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu cara pengawetan mi instan adalah deep frying yang bisa menekan rendah kadar air (sekitar 5%). Metode lain adalah air hot drying (pengeringan dengan udara panas). Inilah yang membuat mi instan bisa awet hingga 6 bulan, asalkan kemasannya terlindung secara sempurna.Kadar air yang sangat minim ini, tidak memungkinkan bakteri pembusuk hidup apalagi berkembang biak. Malah, mi instan tidak beraroma tengik serta tidak menggumpal basah. Langkah terakhir untuk memastikan mi instan layak konsumsi adalah perhatikan dengan seksama tanggal kadaluarsanya.


Mitos: Mi instan mengandung sedikit serat, tapi kadar karbohidratnya tinggi sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.
Fakta: Kandungan mi instan sungguh beragam, tak hanya karbohidrat. Tapi juga kadar protein yang tinggi disertai vitamin-vitamin.


                       Pada dasarnya tak ada satu jenis makanan di dunia ini yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh. Kecuali ASI untuk bayi di bawah 6 bulan. Oleh karenanya, setiap makanan yang dikonsumsi manusia harus dilengkapi kandungan lain. Minimal 37 jenis dalam satu makanan, agar zat gizi di dalamnya saling melengkapi kebutuhan manusia.Mi instan, selain mengandung protein, lemak, juga diperkaya vitamin A, C, B1, B6, B12, niasin, folat, pantotenat dan mineral besi. Mi instan pun telah dilengkapi sayuran, misalnya wortel. Namun, jumlahnya memang tak sebanyak yang diperlukan. Jadi, mi harus dilengkapi makanan lain.Dalam setiap kemasan mi instan, selalu tergambar saran penyajian. Itulah yang harusnya dilakukan jika ingin makan mi instan dan mendapat asupan gizi.Tambahkan telur, sayur, atau daging, sehingga mi instan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi. Lalu minum jus buah tanpa gula, sehingga sumbangan fruktosa bagi tubuh terpenuhi. Variasikan juga cara penyajiannya, agar tak lekas bosan.

Cara Bermain Rubik



Dulu mungkin Rubik merupakan permainan yang jarang terlihat. Tapi sekitar tahun 2008 sampai sekarang, permainan ini mulai mendapat tempat di hati masyarakat.Banyak sekali macam-macam rubik. Tapi yang paling sederhana adalah rubik 3 X 3. Nah ini dia sekilas cara menyelesaikannya.Ada banyak sekali teknik, dan ini adalah salah satu teknik dasar. Sebelum anda memulai, ada baiknya anda mengetahui istilah-istilah yang akan digunakan dalam rumus kubik nanti.
keterangan :
Up (U) : bagian atas rubik

Down (D) : bagian bawah rubik

Right (R) : bagian kanan rubik

Left (L) : Bagian kiri rubik

Front (F) : Bagian depan rubik

Back (B) : Bagian belakang rubik

Seluruh gerakan diatas digerakkan searah jarum jam. Sedangkan apabila huruf tersebut diberi tanda aksen misalnya R’ atau L’, itu berarti bagian tersebut digerakkan berlawanan arah jarum jam.

Nah berikut step-stepnya :

Step 1

- Membuat cross (+) putih dengan center kuning.
- Mencocokan warna di bawah tanda cross kemudian memutarnya (F2) sehingga cross putih sekarang bercenter putih.

Step 2

- Membuat bagian bawah berwarna putih semua sekaligus “T”
– Rumus : R U R’
- Mencocokkan 2 baris warna di bagian bawah.
–Rumus : U R U’ R’ U’ F’ U F

Step 3

- Membuat cross kuning bercenter kuning.
(i) Jika ada bagian kuning yang membentuk huruf L, maka letakkan L tersebut di pojok kanan bawah (terbalik tentunya)
– Rumus : f R U R’ U’ f’
(ii) Jika bagian kuning membentuk garis (3 warna sama sebaris) dengan melewati center, maka letakkan garis dalam posisi horisontal.
– Rumus : F R U R’ U’ F’
(iii) Jika tidak membentuk apa-apa (hanya ada 1 titik kuning di center).
– Rumus : F R U R’ U’ F’ f R U R’ U’ f’

Step 4

- Membuat bentuk “ikan” terlebih dahulu.
– Cari warna kuning pada bagian F pojok kanan atas.
– Rumus : R U R’ U R U2 R’
- Membuat bagian atas menjadi seluruhnya berwarna kuning.
– Rumus : R U R’ U R U2 R’

Step 5

- Membuat kedua ujung atas F menjadi sama warna.
(i) Jika sudah ada sisi yang sama, letakkan di kiri.
(ii) Jika tidak lanjutkan saja.
– Rumus : R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L
- Memindahkan bagian tengah atas F sehingga seluruh sisi menjadi sama warna.
(i) Jika bagian yang akan dipindahkan berlawanan arah dengan jarum jam, maka gunakan U’ dalam rumus berikut.
(ii) Jika bagian yang akan dipindahkan searah dengan jarum jam, maka gunakan U dalam rumus berikut.
– Rumus : F2 (U/U’) L R’ F2 R L’ (U/U’) F2


Selamat Mencoba!

Sumber :http://islam-download.net/cara-mudah-cepat/cara-bermain-rubik.html